my blog

http://dedysuarjaya.blogspot.com // follow @suarjayadedy

Sabtu, 17 November 2012

Pengendalian Untuk Perusahaan Konglomerat


Pengendalian Untuk Perusahaan Konglomerat
Pengertian perusahaan konglomerat ialah:
·         pengusaha besar yang mempunyai banyak perusahaan atau anak perusahaan
·         perusahaan besar yang beranggotakan berbagai macam perusahaan dan bergerak dalam bidang usaha yang bermacam-macam
Ada beberapa perbedaan antara tipe-tipe merjer dan pengambilalihan. Paling umum, merjer berarti setiap transaksi yang membentuk satu unit ekonomi dari dua atau lebih unit sebelumnya. Merjer horizontal adalah pada industri yang sama. Merjer vertikal adalah diantara tahap-tahap yang berbeda dalam suatu industri tertentu, perusahaan baja dapat memadukan dengan pertambangan biji besi dan produk baja. Merjer konglomerat melibatkan perusahaan dalam industri yang tidak berkaitan.
Perusahaan konglomerat merupakan merger dua atau lebih perusahaan yang masing-masing bergerak dalam industry yang tidak terkait. Merger atau akuisisi konglomerat terjadi apabila sebuah perusahaan berusaha mendiversifikasi bidang bisnisnya dengan memasuki bidang bisnis yang berbeda sama sekali dengan bisnis semula apabila merger konglomerat dilakukan secara terus-menerus oleh perusahaan maka akan terbentuklah sebuah konglomerasi. Sebuah konglomerasi memiliki bidang bisnis yang beragam dalam industry yang berbeda.
Akuisisi biasanya mengambil bentuk suatu penawaran tender. Dalam suatu penawaran tender, suatu pihak umumnya suatu perseroan yang berusaha mendapatkan pengendalian dalam perusahaan lain, meminta para pemegang saham untuk menjual lembaran saham mereka dalam perusahaan sasaran. Teknik yang digunakan untuk menghubungi para pemegang saham disebut “Saturday night special”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar